MOI DIX MOIS  

Rabu, 03 Maret 2010


PROFILE

Moi dix mois adalah salah satu project dari Mana (ex. Malice Mizer). Dia menulis musik dan liriknya, mengaransemen, dan memproduksi juga merilis semuanya di label rekamannya sendiri, Midi:Nette. Konsep dari Moi dix Mois sendiri adalah kombinasi dari : cantik dan buruk ; elegan dan kekerasan; kreatvitas dan kehancuran.
Sesuatu yang berbau musik klasik, gitar elektrik, organ gereja dan vokal ala opera yang kental membuat Moi dix Mois terlihat suram, seringkali keras dan kadang-kadang lembut, penuh dengan melodi. Dengan image gothic mereka, lirik dari Moi dix Mois sendiri kebanyakan bertema tentang masalah-masalah dunia, kehilangan, dan kematian. Mana juga turut bertanggung jawab tentang kostum band-nya; dia dan member yang lain mengenakan desain-desain dari fashion label Mana sendiri, Moi-même-Moitité. Dengan performance yang tak hanya di Jepang, namun juga di Eropa, Moi-dix-Mois menjadi band yang cukup menjanjikan di masa depan.



BIOGRAPHY

Saat Malice Mizer vakum di tahun 2001; Mana sang leader band berjanji akan membuat sesuatu yang baru dan mengejutkan, dan pada tanggal 19 Maret 2002 (bertepatan dengan ulang tahun Mana), Moi dix Mois resmi dibentuk. Moi, yang artinya “aku” dalam bahasa Perancis berartikan kepada Mana, angka 1 sejak Moi dix Mois berdiri, dan angka 0 untuk keabadian. Sedangkan “dix mois”, yang artinya 10 bulan dalam bahasa Perancis; adalah tentang durasi waktu kehamilan. (Jepang menghitungnya dengan 10 bulan, bukan dengan 9 bulan). Original line up nya adalah Juka pada vokal, Mana di gitar, Kazuno di bass dan Tohru (ex JILS) di drum, debut mereka adalah pada acara Midi:Nette’s Dis Inferno, bulan Juli 2002, bersama dengan band satu label Mana, Schawrz Stein. Bulan November tahun yang sama, Moi dix Mois merilis single pertama mereka, Dialogue Symphonie, yang langsung disusul dengan tur keliling negara pertama mereka.


19 Maret 2003, album Dix Infernal dirilis, yang juga disusul oleh tur keliling negara pada bulan Juli, yang final tournya dibuat menjadi DVD bertitelkan Scars of Sabbath. Band ini juga ditawarkan untuk interview di sebuah tv program Hotwave, dan tampil pada acara Stylish Wave Mega Force dan Stylish Wave ILLUSION, yang disponsori oleh majalah Zy. Bulan Desember, mereka kembali mengadakan Dis Inferno Party, kali ini bersama dengan LAREINE, Schwarz Stein, yang juga disemarakkan oleh member-member dari Fatima dan Brain Hacker sebagai bintang tamu.


Mei 2004, single Shadows Temple dirilis. Bulan Juli, Mana kembali tampil sebagai bintang tamu special pada Japan Expo di Paris, Perancis, dimana dia juga turut berpartisipasi pada panel Q&A. Semenjak itu, Moi dix Mois mulai merilis musik-musik mereka di Eropa dan fanclub Mana, Mon†Amour, dibuka untuk fans-fans internasional. Sebulan kemudian mereka merilis album kedua mereka, Nocturnal Opera di bulan Oktober, disusul juga dengan single Pageant. Bulan Desember, Moi dix Mois mengenalkan gitaris baru mereka, K, di Dis Inferno III.


Maret 2005, Moi dix Mois memulai tur Eropa mereka ke Jerman dan Perancis, dan konser di Perancis yang laku terjual habis dibuat menjadi DVD konser Invite to Immorality. Tapi, tak berapa lama sejak mereka kembali ke Jepang, Juka sang vokalis memutuskan untuk keluar dari band, yang menyebabkan Moi dix Mois “beristirahat” sebentar.


Akhirnya pada Maret 2006, mereka kembali dengan merilis mini album Beyond the Gate, dengan line up yang baru juga. Moi dix Mois yang baru ini beranggotakan Seth pada vokal, Mana & K di gitar, Sugiya pada bass, dan Hayato di drum. Pada bulan yang sama, mereka kembali tampil di tur keliling Eropa kedua mereka. Bulan Juni mereka juga tampil pada Wave-Gotik-Treffen di Jerman, yang merupakan festival gothic terbesar di dunia. Rencana US tur mereka terpaksa dibatalkan karena adanya masalah dengan event-organizer di sana, tapi pada bulan Juli, Mana kembali tampil sebagai bintang tamu spesial di Anime Expo, yang terletak di Anaheim, California. Mana lagi-lagi berpartisipasi di panel Q&A. Bulan Oktober, mereka akhirnya merilis single keempat mereka, Lamenful Miss.



Moi dix mois memulai tahun 2007 dengan penampilan mereka di acara Stylish Wave ILLUSION Vol.2, dimana mereka tampil bersama Merry dan Plastic Tree. Awal tahun ini mereka juga merilis album ketiga mereka, DIXANADU. Pada bulan Agustus, mereka mengadakan two-man live dengan D’espairsRay, juga pada musim semi ini mereka akan merencanakan tur ke Eropa lagi.


Walaupun band ini punya banyak masalah di masa lalu, tampaknya tak ada yang bisa menghentikan mereka untuk membuat musik yang bagus.


http://www.jame-world.com/id/database-artists-biography-39-moi-dix-mois.html#ixzz0h7DRvonj


AddThis Social Bookmark Button

Email this post


0 komentar: to “ MOI DIX MOIS

Your_LINK

 

Design by h4r47uKu'Z_b0y'Z